RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama satuan
pendidikan : SMA harapan
Mata
Pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/semester
: X/2
Materi pokok
: describing ourself in the letter
Alokasi waktu
: 1 x 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B. Kompetensi dasar dan indikator
Kompetensi dasar
|
Indikator pencapaian
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
|
|
2.1 Menunjukkan
perikalu santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal denagn
guru dan teman
|
|
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur disiplin percaya diridan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi interpersonal denagn guru dan teman
|
|
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
|
|
3.1 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.1.1 menjelaskan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.2 menelaah fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.1
Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis
|
4.1.1 menjelaskan makna
pemaparan jati diri lisan dan tuli
|
4.2
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan,
danmerespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
|
4.2.1 mengemukakan teks lisan
dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, danmerespon pemaparan jati
diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks
|
C. tujuan
pembelajaran
Setelah mempelajari Bab 1, siswa diharapkan mampu:
1. Menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi tentang
pemaparan jati diri dengan guru dan teman.
2. Menunjukkan perilaku santun, peduli, dan percaya diri
dalam melaksanakan komunikasi tentang pemaparan jati diri.
3. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks pemaparan jati diri.
4. Merespon makna teks pemaparan jati diri lisan dan tulis.
5. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang pemaparan
jati diri.
D. Materi
Pembelajaran
Introduce our self
Fungsi sosial : to descrive ourself to the other
Generic Structure
|
Text
|
Opening
(pembuka)
|
Hello, Alia! Let me introduce myself. My name is Hannah.
I know your name from the group skype that we have. On
your status i know that you want to be a friend from Asia. I’d really like to
be your E-pal. It sound really cool!
|
Content
(isi)
|
I would like to introduce myself. My name is Mulyadi. I
come from Padang, West Sumatra. I am a student of Law faculty at Muhammadiyah
University. I was born in Padang, on December 7th, 1991. I am now finishing
my script because this is the fifth year of my study. Here, I live at Teuku
Umar street number 20 Metro. I live with my sister here. My family live in
Padang and I intend to return to Padang after I graduate from Muhammdiyah
University. At campus, I also open a Coffe Corner, a place to drink coffee at
Law faculty Muhammdiyah University.. From this shop, I can pay the course by
myself. My parents are merchant in Padang. My friends are like family
for me. They often help me and amuse me up when I feel sad.
When I come back to Padang I will never forget my friends
in here. I also want to continue opening a coffee corner in Padang. I really
interested to be entrepreneur. Althought I want definitely to be a lawyer.
That is all about myself. I am so glad to know you all. Thanks for your
attention. Have a nice day.
|
Closing
(penutup)
|
How about you? Please drop me a line, Alia! Can’t wait to hear
from you!.
|
Lexico Grammatical Features
1.
using be and have
be (is/am/are) (have/has)
is = he, she, it, singular
are = they, we, you, plural
am =
I
has = she, he, it, singular
have = they, we, you, I, plural
E. Metode
Pembelajaran; cooperative learning
Model Pembelajaran :
think-pair-share
F. Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran:
1.
Media
: VCD dan Power Point Presentation
2.
Alat
: Laptop, LCD, dan Speaker Active
3. Sumber Belajar
: www.englishindo.com, http://www.britishcouncil.org
G. Langkah-langkah
pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Pembuka
|
|
Inti
|
Mengamati
Menanya
Mencoba
Menalar
Menyimpulkan
|
Penutup
|
|
Penilaian hasil pembelajaran
Penilaian
Afektif
(Sikap)
Komunikasi
No
|
Nama
Siswa
|
Nilai
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Sangat
aktif : 5
Aktif : 4
Cukup aktif : 3
Kurang/hampir
aktif : 2
Tidak aktif : 1
Kognitif
(Pengetahuan)
Reading Essay
Jawaban
benar x 10
Jawaban
salah x
0
Nilai
total = 100
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
grammatikal benar, isi benar = 10
2.
grammatikal salah, isi benar = 8
3.
grammatikal benar, isi salah = 6
4.
grammatikal salah, isi salah = 4
Psikomotorik
(Ketrampilan)
Pronunce!
No
|
Nama
Siswa
|
Nilai
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Hampir sempurna :
5
Ada beberapa kesalahan, tetapi tidak mengganggu makna :
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna :
3
Banyak/hampir
semua salah dan mengganggu makna : 2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna :
1
Penghitungan Nilai
Nilai
Kediri, 18 Maret 2017
Mengetahui,
Dosen
Pembimbing Mahasiswa
sulistiyani,
M.Pd faiz
fajar fitriyan
Komentar
Posting Komentar