Langsung ke konten utama

contoh rpp describtive teks k 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama satuan pendidikan        : SMA harapan
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/semester                       : X/2
Materi pokok                          : describing ourself in the letter
Alokasi waktu                         : 1 x 45 menit
A.    Kompetensi Inti (KI)
1.  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi dasar dan indikator
Kompetensi dasar
Indikator pencapaian
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.1  Menunjukkan perikalu santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal denagn guru dan teman

2.2  Menunjukkan perilaku jujur disiplin percaya diridan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi interpersonal denagn guru dan teman

2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.

3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.1 menjelaskan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.2 menelaah fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis
4.1.1 menjelaskan makna pemaparan jati diri lisan dan tuli
4.2 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, danmerespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
4.2.1 mengemukakan teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, danmerespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks


C. tujuan pembelajaran
Setelah mempelajari Bab 1, siswa diharapkan mampu:
1. Menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi tentang pemaparan jati diri dengan guru dan teman.
2. Menunjukkan perilaku santun, peduli, dan percaya diri dalam melaksanakan komunikasi tentang pemaparan jati diri.
3. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri.
4. Merespon makna teks pemaparan jati diri lisan dan tulis.
5. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang pemaparan jati diri. 

D. Materi Pembelajaran
Introduce our self
Fungsi sosial : to descrive ourself to the other

Generic Structure
Text
Opening
(pembuka)
Hello, Alia! Let me introduce myself. My name is Hannah.
I know your name from the group skype that we have. On your status i know that you want to be a friend from Asia. I’d really like to be your E-pal. It sound really cool!
Content
(isi)
I would like to introduce myself. My name is Mulyadi. I come from Padang, West Sumatra. I am a student of Law faculty at Muhammadiyah University. I was born in Padang, on December 7th, 1991. I am now finishing my script because this is the fifth year of my study. Here, I live at Teuku Umar street number 20 Metro. I live with my sister here. My family live in Padang and I intend to return to Padang after I graduate from Muhammdiyah University. At campus, I also open a Coffe Corner, a place to drink coffee at Law faculty Muhammdiyah University.. From this shop, I can pay the course by myself. My parents are merchant in Padang.  My friends are like family for me. They often help me and amuse me up when I feel sad.
When I come back to Padang I will never forget my friends in here. I also want to continue opening a coffee corner in Padang. I really interested to be entrepreneur. Althought I want definitely to be a lawyer. That is all about myself. I am so glad to know you all. Thanks for your attention. Have a nice day.
Closing
(penutup)
How about you? Please drop me a line, Alia! Can’t wait to hear from you!.

 Lexico Grammatical Features
1.      using be and have
be (is/am/are)               (have/has)
is = he, she, it, singular
are = they, we, you, plural
am  = I
has = she, he, it, singular
have = they, we, you, I, plural 

E. Metode Pembelajaran; cooperative learning
       Model Pembelajaran : think-pair-share

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
    1. Media                             : VCD dan Power Point Presentation
    2. Alat                                 : Laptop, LCD, dan Speaker Active
    3. Sumber Belajar               : www.englishindo.com, http://www.britishcouncil.org

G. Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Pembuka
  • siswa berasana-sama berdoa sebelum pelajaran dimulai
  • guru memeriksa kehadiran peserta didik
  • guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran dan kompetensi yang harus dicapai siswa.

Inti
Mengamati
  • Guru memulai kegiatan pembelajaran dengan menampilkan sebuah teks describing ourself menggunakan LCD.
  • Guru akan bertanya jawab tentang pengetahuan siswa terhadap teks tersebut.
  • siswa memberikan arti pada kata yang bercetak tebal secara bersama sama
  • guru memberikan contoh format  surat
  • siswa diminta untuk menidentifikasi struktur yang membangun teks tersebut
  • siswa diminta mengemukakan masing masing strukturnya (teks 1)
Menanya
  • siswa ditunjukkan teks surat  (2)
  • siswa diarahkan untuk membuat pertanyaan yang akan memberiakn informasi secara spesific
Mencoba
  • siswa menerima daftar pertanyaan untuk masing masing teks
  • siswa “pen” membacakan pertanyaan yang telah diberikan untuk siswa “pall” begitu pula sebaliknya
  • siswa menerima teks yang berbeda (teks 1 dan teks 2), masing-masing siswa membaca teks yang mereka miliki
  • siswa menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh masing masing penanya

Menalar
  • Guru memberikan lembar kerja yang berisi tentang teks yang telah dipelajari
  • Guru meminta siswa untuk mengisis kotak yang telah disediakan yang berkaitan denagn main idea, struktur dan tujuan.


Menyimpulkan

  • Guru akan mengajak siswa untuk mendiskusikan hasil pembelajaran yang baru saja mereka lakukan serta memberi feedback pada jawaban mereka.
Penutup
  • Pada akhir pelajaran guru akan mengulang materi yang telah mereka pelajari.

Penilaian hasil pembelajaran
Penilaian
Afektif (Sikap)
Komunikasi

No
Nama Siswa
Nilai
5
4
3
2
1

















































Keterangan:



Sangat aktif                             : 5
Aktif                                       : 4
Cukup aktif                             : 3
Kurang/hampir aktif                : 2
Tidak aktif                              : 1


Kognitif (Pengetahuan)
Reading Essay
Jawaban benar x   10
Jawaban salah  x   0
Nilai total        = 100

No
Nama Siswa
Nilai






















1.      grammatikal benar, isi benar   = 10
2.      grammatikal salah, isi benar    = 8
3.      grammatikal benar, isi salah    = 6
4.      grammatikal salah, isi salah     = 4


Psikomotorik (Ketrampilan)
Pronunce!
No
Nama Siswa
Nilai
5
4
3
2
1

















































Keterangan:
Hampir sempurna                                                                    : 5
Ada beberapa kesalahan, tetapi tidak mengganggu makna    : 4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna                 : 3
Banyak/hampir semua salah dan mengganggu makna            : 2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna                : 1

Penghitungan Nilai
Nilai

 =



Kediri, 18 Maret 2017
Mengetahui,
Dosen Pembimbing                                                                             Mahasiswa



sulistiyani, M.Pd                                                                                 faiz fajar fitriyan
                                                                                                           


Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh RPP writing news item

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran       :    BAHASA INGGRIS Nama Sekolah        :  SMA harapan bangsa Kelas / Semester    :    X / II Tahun Pelajaran     :    2016/17 Keterampilan         : Menulis Alokasi Waktu       : 2x 45 menit Bulan                     : Januari Minggu ke              : 3 Pertemuan ke         : 1 A. Standar Kompetensi 12.  Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari. B. Kompetensi Dasar 12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.             I.             Indikator 1.       Membuat teks tulis news item dengan generic structure yang benar 2.       Membuat teks tulis news item dengan pengembangan ide gagasan yang benar 3.       Membuat teks t

Latihan Soal B inggris Kelas IX

sumber : http://rumahbelajaringgris.blogspot.co.id                                       ingat satu kata pepatah. practice make perfect so, kalau kita ingin bisa dalam mengerjakan soal soal b inggris kalian harus banyak banyak berlatih. dalam berlatih soal soal kalian bisa mengasah kemampuan mengira ngira atau gessing  sehingga tidak perlu arti keseluruhan. namun hal ini juga sangat bermanfaat untuk mengasah vocabulari yang belum di ketahui dengan rajin membuka kamus. selamat berlatih :)  New Miracle Course Jl. Trunojoyo, Pakelan, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, JawaTimur English Junior high school second grade   name: A. choose the best answer 1. Johan   :   Hi, Yudi,   the weather   is cloudy. Do you think it  will rain soon?       Yudi   : I think so, ... It will rain soon.        a.   I am absolutely certain             b.   I am not too sure about that         c.   unbelievab

langkah-langkah menjadi translator

Seorang translator harus memiliki beberapa prinsip. Agar dirinya tetap eksis. Nah di bawah ini adalah bebrapa hal yang harus dilakukan translator dan apa yang harus dimiliki bila ingin menjadi seorang translator yang sukses        I.             SYARAT MENJADI PENERJEMAH: 1.       Menguasai bahasa asla dan bahasa sumber 2.       Mampu melihat dan menafsirkan isi naskah berdasarkan konteks 3.       Menguasai teknik penerjemahan 4.       Berwawasan luas 5.       Memiliki kemampuan berfikir logis 6.       Memiliki penafsiran dengan baik 7.       Suka membaca 8.       Suka bergaul dengan orang lain 9.       Memiliki sarana pendukung penerjemahan 10.   Bertanggung jawab dan memiliki stamina yang prima     II.             BIDANG PENERJEMAHAN 1)       Lisan   :          -penerjemahan untuk tamu asing -guide -moderator acara internasional -konsultan dengan orang asing 2)       Tertulis :          -fiksi :prosa,poem, novel -Non fiksi:disertasi ,journal,sk