RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : BAHASA
INGGRIS
Nama Sekolah :
SMA harapan bangsa
Kelas / Semester : X
/ II
Tahun Pelajaran : 2016/17
Keterampilan : Menulis
Alokasi Waktu : 2x
45 menit
Bulan : Januari
Minggu ke : 3
Pertemuan ke : 1
A. Standar Kompetensi
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis
fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive, dan
news itemdalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
12.2
Mengungkapkan makna dan langkah
retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news
item.
I.
Indikator
1.
Membuat
teks tulis news item dengan generic structure yang benar
2.
Membuat
teks tulis news item dengan pengembangan ide gagasan yang benar
3.
Membuat
teks tulis news item dengan grammar dan vocabulary yang akuratdan berterima
4.
Membuat
teks tulis news item dengan mechanics/tata cara
penlisan – tanda baca yang benar, tulisan yang baik
Karakter
1. religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras demokratis, rasa ingin tahu, Siswa
dapat bertanggung jawab
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat membuat teks tulis news item dengan generic structure
yang benar
2.
Siswa
dapat membuat teks tulis news item dengan pengembangan ide
gagasan yang benar
3.
Siswa
dapat membuat teks tulis news item dengan grammar dan
vocabulary yang akuratdan berterima
4.
Siswa
dapat membuat teks tulis news item dengan mechanics/tata cara penlisan – tanda baca yang benar,
tulisan yang baik
II.
Materi
Pembelajaran
Seven Killed in
Accident on Jalan Sultan
Seven
people were killed in a collision between a bus, a car and a truck at 10:35 p.m
on Jalan Sultan last night.
The
dead were all passengers in the car. Police believe the car may have been
trying to overtake the bus when it was struck by a truck coming by opposite
direction. The driver of the car may not have been using his lights, as the
truck driver said he did not see the car approaching.
The
police said the car should not have been trying to pass the bus, since
overtaking is not allowed on jalan Sultan. In addition, the police reported
that the car a small Japanese car should not have been carrying more than five
people. The names of the victims are not yet known.
Structure
Main event: Seven
people were killed in a collision between a bus, a car and a truck at 10:35 p.m
on Jalan Sultan last night
Background event: The
dead were all passengers in the car. Police believe the car may have been trying
to overtake the bus when it was struck by a truck coming by opposite direction.
The driver of the car may not have been using his lights, as the truck driver
said he did not see the car approaching
Source: The police said
the car should not have been trying to pass the bus, since overtaking is not
allowed on jalan Sultan. In addition, the police reported that the car a small
Japanese car should not have been carrying more than five people. The names of
the victims are not yet known
Punctuation:
1. full stop (.) = untukmengakhirikalimat yang
berupapernyataan
2. comma (,) = untukmemisahkan 3 ataulebih item yang
berurutan
Direct-indirect speech
1.
He
said, "I buy a newspaper every day." Direct
speech
2.
He
said (that) he bought a newspaper everyday. Indirect
speech
III.
Metode /
Strategi Pembelajaran
Model : cooperative learning
Teknik : role play – think.pair.share
IV.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan
awal
1.
apersepsi
a) Guru
menyapa siswa
b) Guru
mengabsen kehadiran siswa
2.
Motivasi
a) Guru
menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelajari
b) Guru
menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa
b.
Kegiatan
inti
Exprorasi:
a) Siswa
ditunjukkan teks tentang news item
b) Siswa
diberi stimulus dengan memberikan pertanyaan dengan guru menuliskan kerangka
karangan. Dengan stimulus :
c) Siswa
ditunjukkan bahwa dalam bagian komentar memakai derect-indirect speech
d) Siswa
di tunjukkan tentang penggunaan tanda baca
Elaborasi:
a) Siswa
membentuk kelompok yang terdiri dario dua orang
b) Satu
siswa menjadi reporter satu siswa menjadi narasumber
c) Siswa
menerima outline dari guru
d) Siswa
yang menjadi reporter harus pergi kekelompok lain untuk mencari berita
e) Siswa
yang telah mendapat berita dari kelompok lain kembali ke kelompok asal untuk
menyususn berita menjadi paragraph dengan teman sekelompoknya
f) siswa
mengumpulkan tugas mereka kepada guru
Konfirmasi:
a) siswa
memberikan konfirmasi terhadap guru atas hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan
oleh siswa
b) siswa
menanyakan hal yang tidak mereka pahami
c.
Kegiatan
akhir
a) Guru
dan siswa mereview materi yang telah dipelajari bersama-sama.
b) Guru
dan siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran bersama-sama.
c) Siswa
diminta mewawancarai tetangga atau saudara mereka dirumah tentang ejadian yang
telah mereka lami
d) Guru
dan siswa bersama
V.
Sumber Belajar
1. BukupaketBahasa Inggris SMA kelas X
semester II
2. Internet
3. Kamus Bahasa Inggris
4. LCD & Laptop
VI.
kriteria penilaian
ASPEK
|
SKOR
|
DISKRIPSI
|
Generic Structure
|
5
|
Struktur teks
lengkap dan runtut
|
4
|
Struktur teks
lengkap tapi tidak runtut
|
|
3
|
Struktur teks
tidak lengkap
|
|
2
|
Struktur teks
tidak benar
|
|
1
|
Tidak berstruktur
|
|
Developing
Ideas
|
5
|
Gagasan utama
tepat, kalimat pendukung relevan
|
4
|
Gagasan utama dan
kalimat pendukung mendekati relevan
|
|
3
|
Gagasan utama dan
kalimat pendukung kurang relevan
|
|
2
|
Gagasan utama
dan kalimat pendukung tidak relevan
|
|
1
|
Tidak ada gagasan
utama
|
|
Accuracy (grammar and
vocabulary)
|
5
|
Penggunaan grammar
dan vocab tepat
|
4
|
Penggunaan grammar
dan vocab mendekati tepat
|
|
3
|
Penggunaan grammar
dan vocab cukup tepat
|
|
2
|
Penggunaan grammar
dan vocab kurang tepat
|
|
1
|
Penggunaan grammar
dan vocab tidak tepat
|
|
Mechanics
(punctuation, writing style)
|
5
|
Penggunaan tanda
baca tepat, tulisan sangat baik
|
4
|
Penggunaan tanda
baca mendekati tepat, tulisan baik
|
|
3
|
Penggunaan tanda
baca cukup tepat, tulisan cukup
|
|
2
|
Penggunaan tanda
baca kurang tepat, tulisan kurang baik
|
|
1
|
Penggunaan tanda
baca tidak tepat, tulisan jelek
|
DosenPembimbing
Sulistyani, M.Pd.
NIDN.
0701056803
|
kediri, 5 April 2017
Mahasiswa
Faiz Fajar Fitriyan
NPM
14.1.01.08.0123
|
Sands Casino Hotel | Sydney, Australia
BalasHapusPlay casino games on your mobile or anywhere 샌즈 카지노 가입 else you want in Sydney, Australia. Sign up now and enjoy incredible free slots and casino games. Rating: 3.9 · 1,997 votes
Gambling in Las Vegas - DRMCD
BalasHapusThis 제주도 출장샵 casino 제주 출장마사지 is all about the 양주 출장안마 games and fun it has to offer and 영천 출장샵 everything that 과천 출장안마 the Las Vegas casino is calling itself, and you can have the chance to play for free.